Home » » Pengalaman Migrasi ke GNU /Linux - 1

Pengalaman Migrasi ke GNU /Linux - 1

Posted by E-Learning on Thursday, November 12, 2015


Gambar1
Panggilan alirahman
Tema "Install Linux dalam waktu 2 Jam"

saya Seorang linuxer -pengguna linux, baru kenal komputer sekitar 5 tahun yang lalu. Kenal komputer hanya sebatas main game aja nggak lebih, hampir tiap hari main game sampe larut malam. Dulu game yang ngetrend itu game Empire, permainan strategi yang perlu muter otak, beda jika menggunakan cheat akan lebih mudah tetapi tidak seru kurang tantangannya :p.

Saya kenal linux, sebatas kenal belum menjamah itu 4 tahun yang lalu baru mulai menggunakan linux kurang lebih 3 tahun yang lalu. Waktu itu menggunakan linuxnya distro ubuntu 10.04, DVD ini dapet dari temen di kasih begitu aja. yeah saking senengnya coba coba deh itu linux dan ternyata sungguh luar binasa untuk pemula pertama kali pake linux. Percobaan awal ketika menggunakan linux adalah PC komputer rumah, tetapi dulu installasinya pake setup ubuntu windows, yang tinggal -RUN aplikasi setup dan pilih behind windows itu lho, cukup mudah lah awal-awalnya. Setelah berhasil saya bilang sama temen saya, pamerin udah bisa install ubuntunya, ehh dia malah kepengin juga. hahahaha...

Akhir sekolah main ketempetnya dan pulang dia titip netbook buat install ubuntu, pikirku -"bisa nggak ya ?", tapi dengan santainya aku jawab oke. hahaha... setelah sampai rumah ni, langsung coba install karena ini netbook jadinya nyiapin DVD ekternalnya dulu copot dari komputer, waktu itu juga saya bawa netbook temen saya satunya jadi saya bawa 2 netbook temen saya.

Ketika sudah Ready semua, dalam benak saya -"Gimana cara installnya" ?
sambil berfikir lama, akhirnya coba tanya ke gugel dan nggak lama ketemu deh tentang cara install ubuntu 10.04, dapet sudah ini. Coba buka dan ngikutin sambil nginstall netbook punya temen saya, dari mulai masuk bios sampai selesai.

Pertama kali install adalah pilihan live apa install, ikut tutorialnya pilih install, kemudian pilih bahasa, pengaturan jam dan pemilihan keyboard tanpa masalah, sampai tahap ini pun mungkin udah 1 jam lebih saya installasinya. Waktu lebih lama ketika bagian pemilihan lokasi installasi mau behind windows, apa mau manual ?

Bingung lagi deh, -"ini netbook banyak bangaet data pentingnya", pikirku.
-"Duh gimana ini ?, karena tadi udah di pasrahin ke saya netbooknya mungkin terserah kali ya,", ngomong sendiri.
hahah.. ambil keputusan sendiri buat milih manual.

Ditutorialnya itu pilihannya manual, yaudah ikutin aja lah, ketika pilih manual muncul menu baru lagi... Bingung lagi deh,
yang muncul itu list drive harddisknya dari disk c,d,e. Mumpung sebelum install tadi udah di backup terlebih dahulu salah satu disknya ga semua lho ya. yaudah lanjut ngikutin tutorialnya tetapi bingung juga sebenernya. :((

Dalam artikel itu ada 3 system yang dibuat yaitu /, /home, swap, waktu itu nggak tahu apa itu /, /home dan swap ditambah lagi bentuk format disknya ada ex1,ex2,ex3,ex4, lagi...hmmmm ... waktu buat partisi linux disini mungkin waktu paling lama, saya coba buat mastiin sudah bener-bener ngikutin tutorialnya, masalahnya partisinya disini di format, sekalinya salah udah deh hilang tuh partisi dari dunianya. Saya cek berkali-kali ulang sampe bosen yang ngeceknya baru lanjut tahap installasinya.

Setelah tahap partisi linux terlewati tahap selanjutnya mudah tiggal klik dan ngisi data aja terakhir, setelah tahap demi tahap selesai tinggal nunggu proses intall linux ke netbooknya, ini yang paling di tunggu-tunggu. Sekian menit nunggu dan akhirnya berhasil :D :D :D

skip ... skip ... skip ...
Besoknya netbookny aku kasih ke temenku, setelah 1 hari berselang dia ngabarin mau install ubuntu juga di laptop tapi dia sendiri yang mau install, okelah ga papa punya dia sendiri laptopnya ... hahaha...dan 1 hari setelah dia ngabarin, dia ngomong partisi harddisknya jadi 1 dan datanya hilang semua ...ekekekwkwkw. selidik punya selidik dia kurang cermat mengikuti tutorial yang sudah ada.

Pesen Ambil pelajarannya :
-Jangan pernah malas untuk membaca
-Ikuti tutorial dari internet yang sudah terjamin kepastian berhasilnya
-Mau install linux harap ada pendamping yang lebih tahu tentang linux
-jangan lupa awali dengan berdoa :)


Hosting Unlimited Indonesia

0 comments:

Donate Bitcoin :
19QsXRcfUEKW9AVbGkJFB6WJPvn6uRboNr