Home » , » Cara mengatasi Error Linux

Cara mengatasi Error Linux

Posted by E-Learning on Sunday, November 8, 2015


Sering kali kita di buat pusing sama masalah pada sistem operasi yang kita gunakan entah itu masalah yang timbul akibat ulah virus, spywer, driver tidak kompatibel, human error, atau yang lainnnya. Yang namanya masalah itu tak mungkin bisa lepas sepenuhnya dari manusia, jadi masalah itu harus dihadapi bukan di abaikan atau di biarkan saja atau malah jauh-jauhan sama masalah :p

Di dunia underground mempunyai aturan sendiri dalam bercakap, komunikasi, bertindak seperti di kehidupan nyata hanya saja di dunia bawah tanah ( underground ) kita tidak bisa melihat secara langsung teman lawan kita hanya bisa melalui perantara foto, tulisan, atau suara.

Sekarang banyak sekali para pemuda yang terjun dalam dunia maya ini nggak lihat umur dari sd sampai smp pun ada bro . . . dari mereka masing-masing mempunyai tujuan berbeda kenapa terjun di dunia underground, ada yang ikut-ikutan, ingin di panggil hacker, cracker, defacer, tetapi tidak semua mengiginkan hal serupa.

Dari beberapa pemula yang masuk itu kebanyakan mereka maunya yang instan doank, tidak mau berusaha dulu gmn caranya ? cari di google ? baca –baca artikel ??

Nah disini kita akan ulas bagaimana mengatasi sebuah permasalahan yang muncul dalam suatu sistem operasi linux, windows apapun itu. Trik ini sering saya pake sebelum saya mulai bertanya dan mulai lelah dengan masalah yang tak teratasi.

a. Cari informasi / kode error
Setiap masalah yang timbul itu biasanya dari sistem operasi, dari aplikasinya sendiri akan memberikan suatu pemberitahuan / notice berupa letak errornya dimana, bagian apa.
misal :
saya pernah mengalami kejadian ketika membuka nautilus di linux dari terminal dengan user root, muncul sebuah error. Error yang muncul itu sepertinya berbeda ownernya dugaan awal. kode errornya seperti ini :

ERROR:nautilus-properties-window.c:1837:schedule_owner_change_timeout: assertion failed: (NAUTILUS IS_FILE (file))

Lebih lengkapnya lihat gambar :

Gambar1

b. Tanya mbah gugel
Setelah kita mendapatkan kode errornya tadi kita coba untuk mencari nya di google, maka akan muncul banyak referensi dimana dari sana kita bisa mendapatkan solusinya. Ingat error yang di dapat tadi tidak semuanya di kopy tapi cari yang menurutmu itu kunci errornya, copy kode yang di dapat tadi dan search di gugel.
Baca Seksama, sudah dapet kode dan tanya mbah gugel tapi kalau tidak mau baca ya sama aja kan....
Coba Cari di gugel dan ternyata dapet walaupun cuma satu tak apa, ada yang pernah bahas ternyata di forum ubuntu. Lanjut buka aja.

Gambar2

c. Baca
yeah, baca coba pahami. Mau bahasa inggris / londo / jepang nggak papa coba aja dulu, pake google translate kalau perlu.
Kalau pembahasannya panjang banget sampe beberapa page, coba langsung lihat di bagian akhirnya. Yang dicari apakah itu memang bener-bener bisa menyelsesaikan masalahnya ?
Jangan lupa baca komentarnya bagaimana, apakah masalah dapat diselesaikan ? jika iya lanjutkan jika tidak cari yang lain.

setelah di baca-baca ternyata berhasil pada komentarnya
That appears to have worked, thanks so much!

d. Action / Praktek lakukan dengan urut
Setelah dapet tuh torial cara mengatasi masalahnya, langsung praktik aja. Ikuti secara seksama jangan ngasal baca pahami perintahnya.

Kutipan dari forumnya tadi
It is probably best to just copy those old files to your new home, as root if necessary, then run the command
Code:

sudo chown -R username:username /home/username
to ensure you are the owner of everything in your home, followed by

Code:
chmod -R 755 /home/username

to give the correct permissions for everything. Use your own username where I put "username" of course.

oke ..
perintah pertama itu chown, chown itu untuk mengganti hak pemilik dari file / folder. Diikuti
-R
cari-cari -R itu rekursiv, lanjut username:username disini username root kita dan terakhir /home/username ini adalah alamat home direktorinya


langsung saja jalankan perintahnya

sudo chown -R root:root /home/alirahman

Setelah itu menjalankan perintah chmod, chmod itu untuk mengubah hak permission dari file / folder dll, angka 775 itu ternyata penomoron hak aksesnya. dan /home/username sama alamat home direktorinya. Jadi setelah dirubah hak pemiliknya tadi kedua merubah hak permissionnya.

Penomoran Hak Aksesnya
# Permission rwx
7 read, write and execute rwx
6 read and write rw-
5 read and execute r-x
4 read only r--
3 write and execute -wx
2 write only -w-
1 execute only --x
0 none ---

Jalankan perintahnya

chmod -R 755 /home/alirahman

Dan akhirnya masalah teratasi, Done !!.

Jika pada saat mengikuti tutorial yang didapat mendapatkan masalah baru, coba selesaikan masalah baru itu terlebih dahulu, jika sudah baru melanjutnya masalah sebelumnya.
Kalau sudah mengikuti tetapi masih juga belum selesai masalahnya coba cek kembali apa memang sudah benar, adakah yang terlewat ?
terakhir jika kepepet tanya ke forum / irc/ grup.


Hosting Unlimited Indonesia

0 comments:

Donate Bitcoin :
19QsXRcfUEKW9AVbGkJFB6WJPvn6uRboNr