Home » , » Asal Mula Bahasa

Asal Mula Bahasa

Posted by E-Learning on Wednesday, June 10, 2015

Asal mula bahasa manusia telah menjadi perdebatan para ahli selama beberapa abad. tidak ada kesepakatan umum mengenai kapan bahasa manusia bermula secara pasti. kurangnya bukti langsung menjadi salah satu sebah topik ini sulit diteliti. Para ahli yang ingin meneliti asal mula bahasa harus menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti lain seperti catatan-catatan, fosil atau bukti-bukti arkeologi, keberagaman, bahasa kontemporer, kajian akusisi bahasa, serta perbandingan antara bahasa manusia dengan sistem komunikasi hewan, terutama sistem komunikasi primata lain. Secara umum ada kesepakatan bahwa asal mula bahasa manusia berkaitan erat dengan asal-usul perilaku manusia modern, namun perbedanaan pendapat terjadi mengenai implikasi-implikasi dan keterarahan hubungan keduanya.

Asal Mula Bahasa

Keterbatasan bukti empiris membuat banyak ahli menganggap topik ini tidak dapat dijadikan kajian penting. Pada tahun 1866, The Linguistic Society of Paris  bahkan melarang perdebatan mengenainya. Larangan tersebut tetap berpengaruh di banyak negara barat hingga akhir abad ke -20. 

Sekarang, ada banyak hipotesis mengenai bagaimana, kenapa, kapan dan dimana bahasa mungkin pertama kali muncul. Tampaknya tidak begitu banyak kesepakatan pada saat sekarang dibandingkan seratus tahun lalu, saat teori evolusi Charles Darwin lewat seleksi alamnya menimbulkan banyak spekulasi mengenai topik ini. Sejak awal 1990-an, sejumlah ahli linguis, arkeologi, psikologi, antropologi, dan ilmuan profesional lainya telah mencoba untuk menelaah dengan metode baru apa yang mereka mulai pertimbangkan sebagai permasalahan tersulit dalam sains.
teori charles darwin tentang asal usul manusia

Pendekatan terhadap asal mula bahasadapat dibagi berdasarkan asumsi dasarnya. "Teori Keberlanjutan" yaitu berdasarkan ide bahwa bahasa sangat kompleks sehingga tidak dapat dibayangkan ia timbul begitu saja dari ketiadaan menjadi bentuk akhir seperti sekarang, ia pastinya berkembang dari sistem pra-linguistik awal diantara leluhur primata kita.

"Teori Ketakberlanjutan" yaitu berdasarkan ide yang berlawanan -- bahwa bahasa adalah suatu sifat sangat unik sehingga tidak dapat dibandingkan dengan apapun yang ditemukan pada spesies selain manusia dan oleh karena ia pasti muncul secara tiba-tiba selama perjalanan evoluci manusia. Perbedaan lainnya yaitu antara teori yang melihat bahsa sebagai bawaan lahir yang tersansi secara genetis, dan mereka yang melihatnya sebagai sebuah sistem yang secara umum kultural, dipelajari lewat interaksi sosial.


Noam Chomsky adalah pendukung utama dari teori ketakberlanjutan. "Pandangan Noam Chomsky" terhadap sifat dasar dari Tatabahasa Universal (TU), tetap lama menjadi dominan dalam bidang linguistik, teapi TU sendiri telah mengalami perubahan besar dari dekade ke dekade. 

Christiansen, 59, berargumen bahwa sebuah peluang mutasi terjadi pada salah satu individu dalam rentang 100.000 tahun yang lalu, mengakibatkan munculnya kemampuan bahasa secara instan dalam bentuk yang sempurna atau hampir-sempurna. Argumentasi secara filosofinya berbunyi sebagai berikut :

Pertama, dari apa yang diketahuimengenai evolusi, setiap perubahan bilogis dalam suatu spesies timbul dari perubahan genetis secara acak pada satu individu, yang menyebar dalam satu kelompok peranakan.

Kedua, dari perspektif komputasi dalam teori bahasa: satu-satunya perubahan yang dibutuhkan adalah kemampuan kognitif untuk membentuk dan memproses struktur data rekursif dalam pikiran. Perubahan genetis ini, yang memberikan otak manusia suatu properti diskrit tak-terbatas, Chomsky beralasan, secara esensial merupakan loncatan yang menyebabkan dapat menghitung dari bilangan N dengan N adalah bilangan pasti, sampai mampu menghitung sampai bilangan tak-terbatas.

Dari pernyataan diatas bahwa evolusi kemampuan bahasa pada  manusia adalah saltasi karena, secra logik, tidak mungkin ada transisi secar bertingkat dari otak yang mampu menghitung pada bilangan tertentu, menjadi otak yan gmempu berfikir mengenai ketak-keterbatsan.

Gambaran sederhanaya : bahwa formasi kemampuan berbahasa pada menusia adalah serupa dengan formasi kristal.


Hosting Unlimited Indonesia

0 comments:

Donate Bitcoin :
19QsXRcfUEKW9AVbGkJFB6WJPvn6uRboNr